Langsung ke konten utama

Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Manfaatnya bagi Dakwah di Zaman Internet

  1. Apa itu Teknologi Informasi
Teknologi Informasi (TI), adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).


  1. 4.     Pengaruh Teknologi Informasi dalam Bidang Dakwah
فَاصْدَعْ بِمَا تُؤْمَرُ وَأَعْرِضْ عَنِ الْمُشْرِكِينَ
Maka sampaikanlah olehmu segala apa yang diperintahkan (kepadamu) dan berpalinglah dari orang-orang yang musyrik. (QS. 15:94)
Ayat diatas adalah ayat yang memerintahkan Nabi Muhammad untuk berdakwah secara terang-terangan setelah sebelumnya berdakwah secara sembnyi-sembunyi. Inti dakwah adalah proses penyampaian informasi atau komunikasi, oleh karena itu dengan memanfaatkan teknologi informasi dapat diperoleh manfaat antara lain:
1.      Tidak tergantung waktu dan tempat.

Dakwah bukan lagi kegiatan yang dilakukan dalam periode waktu dan area tertentu yang terbatas. Informasi mengenai Islam bisa didapatkan kapan saja dan di mana saja. Informasi dapat disebarkan melalui internet misalnya, sehingga jika membutuhkannya cukup mengaksesnya. Kegiatan dakwah bisa terus terjadi dan dilakukan selama 7 hari per minggu dan 24 jam per hari, dimana saja selama ada akses internetnya.
2.      Cakupan yang luas
Informasi yang disebarkan di internet dapat diakses oleh banyak orang. Cakupan dari internet adalah seluruh dunia. Dakwah tidak lagi terbatas untuk kalangan tertentu saja, informasi yang kita sebarkan akan bersifat universal karena semua orang dapat membacanya.
3.      Pendistribusian yang cepat
Internet menjadi media penyebar informasi yang tercepat saat ini. Hanya dalam hitungan detik, informasi yang baru kita tuliskan sudah bisa tersebar  kemana-mana. Bayangkan jika digunakan sebagai media dakwah, efektif bukan?.
4.      Keragaman cara penyampaian
Dengan bentuk keragaman yang ditawarkan oleh internet, mulai dari menampilkan bentuk tulisan sampai ke bentuk audio visual yang menarik, maka cara dakwah yang ditempuh dapat beragam. Keragaman ini pulalah yang membuat dakwah melalui internet dapat menjangkau banyak segmen.
PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM DAKWAH
Pada dasarnya ada 2 peranan utama penggunaan Teknologi Informasi dalam kegiatan belajar mengajar, termasuk dalam kegiatan dakwah, yaitu :
1.      Sebagai sumber belajar : dengan menggunakan Teknologi Informasi, khususnya internet, kita dapat memperoleh jutaan bahkan miyaran sumber ilmu pengetahuan yang kita butuhkan.
2.      Sebagai media pembelajaran : Teknologi Informasi juga dapat dijadikan media atau sarana untuk berkumunikasi antara seseorang dengan orang lain, antara guru dengan murid, antara penjual dan pembeli, termasuk juga bagi para da’i dengan mad’u.
Berikut ini beberapa implementasi Teknologi Informasi yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan dakwah saat ini :
1.      Internet
Keberadaan internet sebagai sebuah jaringan raksasa yang menghubungkan berjuta-juta komputer di dunia tidak saja sekedar berfungsi sebagai media tukar menukar informasi secara cepat dan murah semata, namun telah menjadi sebuah gudang pengetahuan yang tak ternilai harganya. Dengan berkembangnya kuantitas pemakai komputer dan meningkatnya jumlah pengguna internet, maka nilai manfaat dari internet sebagai pusat ilmu pengetahuan pun bertambah secara eksponensial.

Mesin Pencari Informasi (Search engine)

Satu-satunya alat atau fasilitas yang dipergunakan untuk mengeksplorasi berbagai data, informasi, dan pengetahuan yang ada di internet adalah mesin pencari atau yang biasa disebut sebagai “Search engine”. Search engine adalah sebuah program yang dapat diakses melalui internet yang berfungsi untuk membantu pengguna komputer dalam mencari berbagai hal yang ingin diketahuinya. Di internet, terdapat ratusan bahkan ribuan search engine yang dapat diakses secara cuma-cuma. Karena sifatnya sebagai pintu gerbang bagi para pengguna sebelum memasuki situs (website) yang diinginkan, banyak yang menyebut search engine sebagai portal (bandingkan dengan fungsi portal di dunia nyata, yang kerap ditemui di pintu masuk ke sebuah kompleks perumahan).

Dari berbagai search engine yang ada, yang paling populer diantaranya adalah: Google, Yahoo, dan Altavista. Melalui aplikasi browsing semacam Internet Explorer atau Netscape, ketiga mesin pencari ini dapat diakses melalui alamat: www.google.co.id,www.google.comwww.yahoo.comwww.altavista.com.

Contoh Pemanfaatan internet sebagai media dakwah
  Memberikan referensi fatwa dan pendapat para ulama dalam membahas suatu masalah (dengan menjaga dalil ilmiah yang kuat)
  Membuat situs islam yang berisi
o   Al Qur’an online,beserta kategori temanya
o   Hadist online, beserta kategori temanya dan tetap menjaga kesahihan isinya
  Membuat streaming audio Al Qur’an dan kajian
  Menyediakan konsultasi online
  Perkembangan yang sangat pesat pada komunitas blog, perlu dimanfaatkan sebaik-baiknmya, sebesar-besarnya
  Membuat komunitas di blog-blog seperti: wordpress, blogspot, multiply dll dalam menyebarkan kebaikan di internet (fastabikhul khairat).
  Membangun kelompok-kelompok kebaikan (grup) melalui jejaring sosial: www.facebook.comwww.twitter.com,
  Berkomunikasi dan berkirim data antar muslim melalui e-mail dan mailist, misal : humasmta@mta-online.com, mail yahoo, gmail, dll
  Membuat situs komunitas kolaboratif dimana pengunjung bisa memanfaatkan berbagai fasilitas seperti Al Qur’an online, direktori situs islam, forum diskusi, chatroom, berita serta artikel dan berbagai sarana interaktif lain. Majlis Tafsir Al-Qur’an Pusat (MTA) juga telah memiliki situs :www.mta-online.com
  Memanfaatkan situs penyedia file server download beserta komunitas di dalamnya, seperti e-snip
  Perlunya dibuat situs yang membidik segmen khusus pemakai Internet terbanyak saat ini (usia 17 – 35 tahun)
o   Yang tampil lebih menarik bagi mereka namun tetap berkualitas isinya
o   Tidak berisi hal sia-sia (seperti situs umumnya)
o   Mendidik dengan cara terbaik, forum ukhuwwah dalam komunitas yang lebih terjaga, dan forum nasehat yang membuat siapapun yang bergabung didalamnya sudah mafhum untuk berlaku baik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Electronik Mail (e- Mail) dari yang Gratis hingga Berbayar

Electronic mail atau Email adalah sarana surat elektronik yang memungkinkan pengguna internet saling berkomunikasi dengan mengirim pesan. Rasanya hampir tidak mungkin pengguna internet belum memiliki email, terlebih pengguna android. Email juga dapat dikatakan sebagai hasil peradaban manusia modern dimana tidak terlepas dari aktivitas dan kegiatan sehari-hari manusia. Sejarah Perkembangan Email https://i1.wp.com/thidiweb.com/wp-content/uploads/2017/06/sejarah-email.jpg?resize=610%2C320&ssl=1 Pada tahun 1971, Roy Tomlinson pertama kali mengirimkan email dengan menggunakan dua komputer yang berjarak hanya satu meter saja. programmer asal Amerika ini mulai menggunakan simbol @ sebagai penghubung email. Sejak saat itu, standar penggunaan email menjadi nama_pengguna@nama_komputer. Disusul kemudian penemuan software untuk pengaturan email pada tahun 1975 oleh John Vital. Sejak beberapa tahun setelahnya, email kemudian memenuhi lalu lintas internet hingga 75 persen. Pad

Alat Input dan Alat Output pada Komputer

A. Alat Input pada Komputer Pengertian alat input pada komputer Alat input atau perangkat masukan adalah  perangkat keras yang berguna untuk memasukan data atau perintah dalam komputer.   Macam-macam alat input pada komputer.      1. Keyboard  Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer. 2. Mouse  Mouse merupakan sebuah alat masukan(input) yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor. alat ini sangat berguna untuk sistem operasi yang berbasis grafis.     3. Scanner  Scanner merupakan alat input yang memiliki fungsi hampir sama seperti mesin fotocopy dengan proses penggunaannya mencopy data objek lalu di pindahkan kedalam memori yang dapat dilihat hasilnya pada layar monitor.   4. Joystick  Joystick merupakan alat masu

Sejarah Internet dari Kemunculannya hingga Sekarang

Generasi zaman now tentu sudah sangat mengenal internet. Sebuah dunia tanpa batas yang menyajikan beragam informasi yang dibutuhkan. Atau bahkan sebagai sebuah sarana hiburan. Tapi tahukah Anda bagaimana awal kemunculan internet? Bagaimana sejarah internet hingga seperti yang kita kenal saat ini? Karena internet pada era awalnya tidaklah seperti yang kita ketahui saat ini. Bukan hanya sebuah sekadar situs dengan beragam konten yang  mengisi di dalamnya. Saat itu, cikal bakal internet sudah muncul sebagai upaya para ilmuwan dalam berkomunikasi. Termasuk saling membagi informasi yang dibutuhkan. Semuanya melalui sebuah jalur yang saat itu masih menjadi sebuah rahasia negara. Untuk lebih jelasnya, silakan Anda simak sejarah internet berikut ini. Dipicu Sputnik Tidak seperti umumnya tenologi ketika pertama kali ditemukan oleh satu orang atau pihak saja, internet sudah berkembang sejak lebih dari setengah abad silam saat dunia mengalami Perang Dingin antara kubu Amerika Serikat